2 Cara Mengatasi Write Protected pada Flashdisk

Tidak jarang bagi para pengguna flashdisk menemukan masalah write protected pada flashdisk. Masalah ini sebenarnya masalah yang umum terjadi selain masalah tidak bisa diformat. Bagi kamu yang belum memahaminya dan sedang menari tahu cara mengatasi flashdisk yang write protected, temukan jawabannya di sini.

Jika kamu menemukan warning write protected ketika akan mengakses file pada flashdisk, itu artinya ada yang bermasalah pada flashdisk kamu. Baca juga cara mengaktifkan windows defender . Write protected berarti bahwa flashdisk tidak bisa diakses karena adanya enkripsi tertentu.

Penyebabnya bisa bermacam-macam. Diantaranya adalah karena adanya file yang rusak, virus maupun kesalahan ketika mencabut flashdisk. Ketika write protected ini terjadi, maka kamu tidak akan bisa mengakses flashdisk. Kamu tidak akan bisa membuka file, menghapus, memindah serta formatting. Namun kamu tidak perlu khawatir karena ada solusi untuk masalah ini.

2 solusi mengatasi write protected pada flashdisk

2 Cara Mengatasi Write Protected pada Flashdisk - Tips

Ada dua solusi yang bisa kamu pilih ketika kamu menghadapi masalah write protected pada flashdisk.

1: Menggunakan Low Format

Low Format merupakan sebuah aplikasi yang bisa kamu coba ketika menghadapi masalah pada flashdisk.

Caranya adalah dengan mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Install dan cobalah aplikasi free trialnya. Setelah selesai install, buka aplikasi dan pilih flashdisk yang akan kamu perbaiki. Klik Continue, kemudian pilih low level format dan klik format this device. Tunggu hingga proses selesai. Setelahnya, kamu bisa menggunakan flashdsik kembali.

2: Registry Edit

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan Registry Edit atau yang biasa disebut dengan Regedit. Untuk melakukannya, colokkan flashdisk ke PC atau laptop. Kemudian tekan Windows+R. ketikkan REGEDIT kemudian Enter. Tekan CTRL+F dan masukkan Write Protected dan tekan OK.

Hapus registry dan jika sudah selesai kamu disarankan untuk restart PC atau laptop. Kini, kamu bisa menggunakan flashdisk kamu kembali.

Kamu bisa memilih salah satu dari dua cara di atas yang menurut kamu lebih mudah dan praktis. Kini, kamu tidak perlu lagi khawatir ketika mendapati write protected pada flashdisk yang baru kamu colokkan.

Baca juga 4 tips agar flashdisk tidak cepat rusak